Contact me: zahnr02@gmail.com

Minggu, 24 Mei 2015

Underworld Creatures#2: Banshee in Mythology and Fantasy Stories

Hei... aku kembali setelah sekian lama. Aku akan mengetik ini dengan cepat, karena sebentar lagi aku harus pergi! Oke, lupakan saja. Kali ini aku akan membahas tentang Banshee. Oh, tunggu dulu. Kayaknya sekarang blog ini jadi membahas mitos-mitos -_- Tapi nggak apa-apa deh!

Kalian tahu Banshee? Makhluk yang suka ada di kisah fantasi. Pernah baca? Aku pernah. Aku telah mencari tentangnya dan inilah yang kudapat -- dan kutahu...

Banshee (Bean si) adalah roh wanita yang ada dalam Mitologi Irlandia. Dalam kata lain, Banshee diartikan sebagai Woman of the Barrows. Biasanya mereka terlihat sebagai pembawa pesan dari alam bawah. Dalam legenda, Banshee adalah wanita peri yang muncul ketika seseorang akan mati. Sedangkan dalam Mitologi Skotlandia, Banshee dikenal sebagai wanita yang mencuci pakaian berdarah atau baju baja perang milik orang yang sudah tewas.


                                           


Wujud Banshee dalam dunia modern atau di film-film sangat menyeramkan. Tapi dalam sejarah, Banshee berwujud roh wanita. Kadang mereka muncul sebagai wanita berambut panjang yang indah, mengenakan pakaian kelabu atau putih. Dalam cerita fantasi yang kubaca, Banshee berwujud wanita yang kulitnya kehijauan dan berlendir. Jorok. Dia ditemukan di dekat sungai, sedang mencuci baju usang.
Selain itu, ada juga sejarah yang mengatakan Banshee adalah wanita yang meninggal karena bunuh diri, tapi alam bawah tak menerima kematiannya, makanya dia dikirim kembali. Aku sudah bilang, kan, kalau ada Banshee berarti seseorang akan mati? Misalnya, Banshee muncul di sebuah rumah, artinya salah seorang dari rumah itu akan mati sebentar lagi.

Dalam sejarah, Banshee akan menyanyikan lagu-lagu sendu tentang kematian, ada juga yang menjelaskan mereka terdengar seperti meraung atau memekik. Makhluk ini berkaitan erat dengan keluarga Irlandia bernama belakang O'Briens, O' Gradys, atau O' Neills. Kepercayaan keluarga itu pun sangat kuat terhadap makhluk misterius ini. Bila keluarga tersebut tak disukai oleh si Banshee, maka dia akan menjerit keras dan menyeramkan. Banyak film horor yang menayangkan bagian seram itu, kan?

Banshee sering muncul dalam game-game, masih dalam wujud wanita. Hanya saja lebih kecil. Kayaknya, yah.. Karena aku jarang sekali main game semacam itu.

Oke, sudah cukup kujelaskan tentang sejarah dan mitologi tentang Banshee!
Sekarang... bagaimana dengan Banshee dalam cerita fantasi?
Mirip, kok. Si penulis pasti bakal browsing di internet tentang Banshee, atau dia baca di buku sejarah atau mitos makhluk seram gitu. Hanya saja, mungkin Banshee yang digambarkan dalam kisah fantasi karangan si penulis itu 'agak' berbeda dari yang digambarkan dalam sejarah Irlandia atau Skotlandia. Tapi, jangan khawatir! Karena setiap fantasi berbeda sesuai imajinasi si penulis, kan? Namanya juga fantasi...

Oke, karena aku merasa sudah cukup menjelaskan, aku akan menyudahi ini.
Bye!

With love,
Azizah Rahmah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar